Berpikir-Menulis

Berpikir-Menulis

Senin, 07 April 2014

"Melukis Surga" di antaranews.com


"Melukis Surga" diharapkan semarakkan penulisan sastra kampus
Kamis, 3 April 2014 21:37 WIB
Oleh Bambang Sutopo Hadi

Jogja (Antara Jogja) - Buku kumpulan cerita pendek berjudul "Melukis Surga" yang ditulis 24 alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta diharapkan dapat menyemarakkan penulisan karya sastra di lingkungan kampus.

"Untuk itu buku kumpulan cerita pendek (cerpen) karya 24 penulis yang tergabung dalam Komunitas Kampung UGM di dunia maya itu sengaja diterbitkan," kata pegiat Komunitas Kampung UGM Munasir Sastro Suwito di Yogyakarta, Kamis.

Pada peluncuran buku kumpulan cerpen "Melukis Surga", ia mengatakan para penulis sepakat hasil penjualan buku tersebut sepenuhnya digunakan untuk kegiatan sosial.

"Pendanaan buku tersebut dari kami pribadi. Hasil penjualan buku kumpulan cerpen itu seluruhnya akan digunakan untuk kegiatan sosial," kata Munasir yang juga salah seorang penulis dalam buku "Melukis Surga".

Penulis lainnya Micha Adiatma mengatakan proses penulisan buku itu memakan waktu sekitar 2-3 bulan mulai dari pengumpulan naskah sampai dengan penerbitan.

"Melalui `Melukis Surga`, saya ingin menjelaskan bahwa anak-anak tidak pantas dikorbankan atas nama fanatisme buta," katanya.

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UGM Faruk HT mengatakan para penulis yang sebelumnya bergelut dalam dunia akademik ternyata mampu berpikir secara abstrak sesuai dengan pola dan kaidah umum.

"Melalui sastra, mereka bisa berbicara dalam bahasa yang nyata, konkret dari kehidupan sehari-hari. Penggunaan tokoh utama anak-anak dapat menarik pembaca pada pengalaman," katanya. 
Beberapa Penulis "Melukis Surga" (saya nomor 4 dari kiri)


Menurut dia, para penulis juga cukup cerdas menawarkan pergerakan generalisasi dalam kisah Maria, tokoh utamanya. Kecerdasan para penulis itu patut diapresiasi.

"Cerpen itu tidak ingin pembaca hanya melihat nasib Maria secara partikular, tetapi kisahnya merujuk pada pada pengertian yang lebih umum," katanya.

(B015)
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar