Berpikir-Menulis

Berpikir-Menulis

Senin, 07 April 2014

"Melukis Surga" di okezone.com




Ketika Akademisi Berpikir Abstrak dan "Melukis Surga"


Sabtu, 05 April 2014 10:08 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

JAKARTA - Banyak kesuksesan besar yang dimulai dari sebuah langkah kecil. Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Kampung Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang mencoba memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar lewat tulisan.   


Sebanyak 24 penulis yang tergabung dalam anggota komunitas kampung UGM di dunia maya itu meluncurkan antologi cerpen Melukis Surga. Buku kumpulan cerpen yang ditulis para alumni UGM ini sengaja diterbitkan untuk menyemarakkan penulisan karya sastra di lingkungan kampus. 

"Pendanaan buku ini dari kami pribadi, untuk hasil penjualannya, seluruhnya akan digunakan untuk kegiatan sosial," ungkap salah seorang anggota Kampung UGM Munasir Sastro Suwito, seperti dilansir UGM, Sabtu (5/4/2014).

Munasir menyatakan, penulisan buku kumpulan cerpen itu berawal dari ide gagasan dari anggota komunitas yang akhirnya direspons dengan serius. "Padahal, saya sudah lama tidak menulis sastra, terakhir waktu SMP saya aktif menulis," paparnya.

Penulis lainnya, Micha Adiatma mengaku senang dengan terbitnya buku tersebut. Dia menyatakan, proses penulisan buku itu memakan waktu sekira dua hingga tiga bulan, mulai dari pengumpulan naskah sampai penerbitan. 
Beberapa Penulis "Melukis Surga" (saya nomor 4 dari kiri)


"Melalui Melukis Surga, saya ingin menjelaskan bahwa anak-anak tidak pantas dikorbankan atas nama fanatisme buta," ujar Micha. 

Respons positif atas kehadiran buku tersebut datang dari Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UGM, Faruk H T. Dia tidak menyangka jika para penulis yang sebelumnya bergelut dalam dunia akademik, ternyata mampu berpikir secara abstrak, sesuai dengan pola dan kaidah umum. 

"Lewat sastra, mereka bisa berbicara dalam bahasa yang nyata, konkret dari kehidupan sehari-hari. Penggunaan tokoh anak-anak dalam cerita tersebut dapat menarik pembaca," kata Faruk. (rfa)

Link: http://kampus.okezone.com/read/2014/04/04/373/965516/ketika-akademisi-berpikir-abstrak-dan-melukis-surga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar